Home » , » Musyawarah PPIDK (Program Percepatan Pembangunan Insfrastruktur Desa dan Kelurahan) di Kecamatan Ukui

Musyawarah PPIDK (Program Percepatan Pembangunan Insfrastruktur Desa dan Kelurahan) di Kecamatan Ukui

ukuicitizen.com - kamis, tanggal 27 Juni 2013, musyawarah PPIDK untuk Kecamatan Ukui berlangsung di Aula Kantor Camat Ukui dan dibuka langsung oleh Camat Ukui, Bapak Edwardo, S.Sos. Musyawarah tersebut juga di hadiri oleh Kepala Desa/Lurah dan Aparat-aparatnya, serta tim pendamping desa se-Kecamatan Ukui.

Camata Ukui, Bapak Edwardo, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, program ini  dicanangkan untuk percepatan pembangunan desa dan kelurahan  minimal 70% harus dimanfaatkan oleh masyarakat. Dana ini untuk setiap desa dan kelurahan se-Kecamatan Ukui di berikan dan dapat dipergunakan untuk percepatan pembangunan  beberapa insfrastruktur yang menyangkut kepentingan masyarakat.

Program ini  dimaksudkan untuk dapat mencapai  sasaran pada desa/kelurahan  yang tergolong miskin  dan tertinggal pada seluruh desa di  Propinsi Riau. Yang  paling  penting  hendak dicapai  adalah :

  1. Tersedianya  insfrastruktur untuk  akses sesuai  kebutuhan dan kemampuan  masyarakat dengan  kualitas berwawasan  lingkungan
  2. Peningkatan  kemampuan  masyarakat setempat  dalam  mengelola dan menyelenggarakan  program infrastruktur perdesaan.
  3. Terselenggaranya pembangunan yang partisipatif, transparan,  akuntable  dan  berkelanjutan (berumur panjang dan terpelihara).
Adapun dana PPIDK ini untuk setiap desanya mendapat dana sebesar Rp.400.000.000,- dan kelurahan mendapat Rp.500.000.000,-. PPIDK sendiri merupakan salah satu program percepatan pembangunan dari bupati Pelalawan, Bapak HM. Haris. Adapun insfrastruktur desa yang bisa memanfaatkan  dari dana PPIDK ini adalah :

  1. Pengerasan jalan
  2. Drainase
  3. Tambatan perahu
  4. Titian plat beton
  5. Gorong-gorong
  6. Sarana air bersih
  7. Listrik
  8. Banguna gedung sederhana
  9. Jalan usaha tani
  10. Jembatan sederhana
  11. Box culvert.

Khusus untuk desa dan lurah di Kecamatan Ukui adalah :
  1. Pengarasan jalan
  2. Box culvert
  3. Gorong-gorong
  4. Semenisasi

Untuk masayarakat di harapkan mengawasi dana yang telah di berikan bupati agar setiap masyarakat merasakan manfaat dari pembangunan desa/kelurahannya.








pasang