Home » , » Tanda-tanda Anak Terkena Diabetes

Tanda-tanda Anak Terkena Diabetes

Tanda-tanda Anak Terkena Diabetes,  - Kasus Diabetes pada anak kian hari kian meningkat seiring banyaknya makanan tinggi kalori dan minuman bersoda yang beredar di pasaran, bahkan di sekitar anak-anak. Duhulu penyakit yang dikenal dengan kencing manis ini hanya menyerang orang dewasa namun sekarang justru nak-anak yang banyak menjadi sasarannya. Penyebabnya mungkin karena jajanan mereka kurang kita awasi.

Peran orang tua sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda yang mungkin terjadinya deabetes pada anak agar para orang tua paham dan tau apa yang akan mereka lakukan untuk mengobati anaknya. Karena menurut para ahli, obesitas masa kanak-kanak dapat menyebabkan meningkatnya jumlah anak-anak dengan diabetes.


Seperti apakah tanda-tanda anak terkena diabetes? Berikut kami uraikan di bawah ini :

1. Acanthosis Nigicans, atau kulit beludru lembut di sekitar  leher anak-anak, khususnya di daerah posterior. Kulit ini hiperpigmentasi, yang artinya berwarna gelap.  Biasanya ketika gejala ini dokter akan mendiognosanya sebagai eksim leher, seperti kulit gelap yang terdapa pada bagian tubuh yang tidak terkena sinar matahari seperi  ketiak dan selangkangan.

2. Gejala 3P, yaitu polifagi menjadikan anak sering terasa lapar dan lalu akan makan secara berulang-ulang, Poliodipsi yaitu sering minum karena selalu merasa haus, Poliuri yaitu sering kencing, termasuk mengompol pada malam hari pada anak yang biasanya sudah tidak mengompol, atau pamit kencing berulang saat jam pelajaran di kelas.
Tanda-tanda Anak Terkena Diabetes

3.  Masalah penglihatan yang disebabkan karena kadar gula darah yang cukup tinggi yang akan menyebakan cairan di dalam tubuh akan meningkat, termasuk cairan di dalam mata. Inilah yang akan menjadikan mata anak-anak menjadi kurang dalam penglihatan.

Berbagai cara yang bisa kita dilakukan untuk mencegah si kecil dari penyakit diabetes, diantaranya adalah :
  • Menerapkan pola hidup sehat,
  • Ajarkan si kecil untuk rutin berolahraga secara teratur.
  •  Kurangi makanan junk food dan minuman bersoda, dan
  • Mengatur pola makan yang seimbang dan tidak berlebihan gula,


Yang terpenting adalah bagaimana bapak ibu memberikan contoh dan inspirasi kepada anak-anaknya agar mereka mengetahui seperti apa menjaga kesehatan tubuh serta tidak membeli jajanan sembarangan serta tidak memakan makanan apapun secara berlebihan.

Demikian Tanda-tanda Anak terkena diabetes. Semoga bapak ibu sangat mengetahui betul hal ini agar pencegahan dan pengobatin bisa dilakukan secepatnya. Semoga bermanfaat.

TERIMA KASIH

 
pasang