Home » , » 5 Tips Hidup Sehat ala Nabi Muhammad

5 Tips Hidup Sehat ala Nabi Muhammad

5 Tips Hidup Sehat ala Nabi Muhammad

5 Tips Hidup Sehat ala Nabi Muhammad, Hari ini umat Islam meperingatinya sebagai hari Isro' wal Mi'raznya Nabi Muhammad SAW. Merupakan malam perjalanan nabi dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso lalu menuju ke langit. Dan ini yang kita harus imasni dengan keyakinan yang sangat kuat.

Nah kali ini kami akan menginformasikan tips bagaiman hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW yang patut kita jalankan.

1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar
Tips pertama adalah makan sebelum lapar. Rasulullah sering melakukan ini untuk membatasi makanan dalam perut karena menurut beliau kita harus menyeimbangkan isi perut dan menyediakan ruang di dalam perut untuk tiga hal yakni udara, air dan makanan. Ketiganya harus diisi secara seimbang masing-masing sekitar sepertiga isi perut. Sebagaimana Sabda Rasul: “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)”.

2. Rasulullah duduk ketika minum
Hal dikarenakan jika kita minum sambil berdiri akan katup yang belum siap menerim tekanan air dan ketika duduk katup terbuka dan siap menerima air.

3. Rasulullah cepat tidur dan cepat bangun
Rasulullah akan tidur jika sudah waktunya tidur. Tidur yang tepat pada malam hari kira-kira setelah istirahat selesai shalat Isya, yaitu sekitar pukul 21.30, dan kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah terbangun lagi dipertiga malam untuk shalat malam. Dengan demikian waktu untuk tidur beliau adalah kurang dari 8 jam.
4. Rasulullah sering berpuasa
Menurut para pakar kesehatan, berpuasa merupakan cara terampuh untuk menahan diri dari segala hal. Terutama menahan diri dari makanan dan kegiatan yang banyak menimbulkan hal negatif untuk kesehatan. Beliau juga ketika berbuka tidak memakan makanan yang sembarangan. Adapun yang beliau makan ketika berbuka adalah memakan buah kurma. Rasulullah bersabda sebagaimana diriwayatkan abu Daud dan Tirmidzi. Dari Anas r.a., “Rasulullah SAW. berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air.”

5.  Gemar jalan kaki
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam selalu berjalan kaki ke Masjid, Pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat, dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah akan lancar.Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

Demikianlah 5 kebiasaan yang selalu Rsulullah lakukan selama hidupnya, dan kitapun mengetahui selama beliau berdakwah kita hanya mendengar beliau hanya sakit sebanyak dua kali yaitu ketika pertama kali mendapatkan wahyu dan yang kedua ketika ajal beliau telah sampai.

Semoga dengan mengikuti kebiasaan Rsulullah ini kita juga mnedapatkan manfaat yang lebih banyak lagi, dan tentunya bisa bernilai ibadah karen mengikuti tuntuntan beliau. Semoga membawa berkah, amin..
pasang