Home » , » Cara Merawat Bayi Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Bayi Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Bayi Yang Baik dan Benar
Ukuicitizen.com  - Setelah Bunda melewati masa-masa hamil tentunya sekarang merupakan saat-saat dimana bunda telah melewati cobaan yang berat. Setelah melahirkan bayi tentunya menjadi hari-hari yang sangat menyenangkan bagi ibu-ibu terutama ibu muda yang belum pernah memiliki bayi tentunya.


http://bit.ly/pan-merawatbayi
Mempunyai bayi yang sehat dan lucu merupakan dambaan bagi setiap ibu di dunia, untuk itu sebagai seorang ibu kita perlu mengetahui perawatan yang baik bagi perkembangan buah hati.
Merawat bayi bukanlah sesuatu yang sulit dan mudah untuk dilakukan, hanya dibutuhkan sedikit keahlian khusus dalam melakukan perawatan, seperti kesabaran, ketelitian dan kasih sayang. Bagi sahabat yang akan menjadi calon ibu dan belum mengetahui bagaimana cara merawat bayi yang benar dan tepat, sahabat dapat mengikuti cara merawat bayi berikut ini :
  • Mengangkat Bayi
Bagi calon ibu, mengangkat bayi bukanlah sesuatu hal yang biasa untuk dilakukan, terlebih lagi jika kita belum mempunyai pengalaman mengenai bayi sedikit pun.
  • Memandikan Bayi
Sebaiknya persiapkanlah terlebih dahulu semua keperluan mandinya, seperti handuk, sabun mandi, pakaian bayi hingga kosmetik bayi. Setelah itu siapkan air hangat (36 derajat - 37 derajat celcius) atau terasa hangat di siku tangan ibu, dan lepaskanlah baju bayi secara bertahap.
  • Merawat Tali Pusar
Bagi bayi yang baru lahir, tentu masih mempunyai tali pusar yang menempel pada tubuhnya, untuk itu setelah selesai mandi, bersihkan sekeliling dan bagian dasar tali pusat dengan kain kasa yang dibasahi air, kemudian keringkan dan bungkus kembali dengan kain kasa yang baru.
  • Mengganti Popok
Mengganti popok merupakan hal mudah, tetapi juga dibutuhkan sedikit keahlian dalam menggantikannya, karena apabila tidak dibersihkan dengan benar, kulit bayi akan menjadi lecet.

  • Menidurkan Bayi
Bayi membutuhkan waktu tidur sekitar 16 jam sehari, dengan tidur malam yang gelisah, diselingi beberapa kali bangun. Bayi belum memiliki jadwal tidur yang tetap hingga bayi berusia 5 minggu.
Untuk lebih memahami lagi bagaiamana cara merawati bayi dari lahie hingga besar silahkan beli buku Panduan Merawat Bayi yang sangat banyak dicari kaum ibu di Indonesia.
Di ebook ini beberapa hal yang akan anda ketahui dengan diantaranya, yaitu :
    Cara Merawat Bayi Yang Baik dan Benar
  • Mengetahui cara merawat bayi yang benar mulai dari ujung kaki sampai kepala, bagaimana membersihkan dan memandikan bayi, penggunaan baby oil, baby lotion dan bedak bayi.
  • Mengetahui apa yang mesti disiapkan dan dilakukan di masa-masa awal kelahiran bayi seperti IMD (inisiasi menyusu dini), rawat gabung, penggunaan bedong dan gurita.
  • Mengetahui keadaan normal bayi di minggu-minggu awal kelahiran seperti refleks bayi, pernapasan bayi dengan suara grok-groknya termasuk tahu bagaimana memperlakukan tali pusat bayi hingga terlepas dengan aman tanpa menimbulkan infeksi.
  • Mengetahui seluk beluk dan manfaat ASI sebagai nutrisi terbaik bayi, menyadari betapa pentingnya ASI eksklusif untuk tumbuh kembang, kecerdasan dan kesehatan buah hati. Mengetahui kapan terpaksa harus memberikan susu formula ke bayi.
  • Mengetahui management menyusui yang baik, bagaimana menyusui yang nyaman. Mampu mengatasi problematika menyusui seperti: bayi tidak mau menyusu, bingung puting, nyeri puting, payudara bengkak, infeksi puting, puting terbenam, mastitis dan lain sebagainya.
  • Mampu menjaga kesinambungan nutrisi bayi dengan pemberian ASI perah, tahu bagaimana cara memerah, cara menyiapkan ASI perah. Menjaga pemberian ASI ke bayi tidak terputus meski ibu sudah mulai masuk kerja.
  • Setelah berumur 6 bulan, tahu cara mengenalkan makanan padat kepadanya (MPASI), mengenalkan menu baru, finger food dan antisipasi terhadap tingkah polah bayi yang belajar makan. Tahu minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada bayi.
  • Mengetahui frekuensi pup bayi yang normal, mengetahui tipe pup bayi, perbedaan pup bayi ASI dan susu formula. Mengenali masalah saluran cerna dan tahu tindakan yang mesti dilakukan.
  • Mengetahui pola tidur bayi, mengenalkan konsep siang dan malam pada bayi sehingga tidurnya tidak mengganggu rutinitas ayah dan ibu. Mengetahui apa yang seharusnya dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bayi tidur.
Dapatkan panduannya lengkapnya di situs Panduan Merawat Bayi milik dr. Eiyta Ardinasari dengan mengklik banner di bawah ini..



sumber : www.cantikinfo.net
pasang