Home » , , » 5 Cara Memotret Foto Makro

5 Cara Memotret Foto Makro

5 Cara Memotret Foto Makro

5 Cara Memotret Foto Macko, ukuicitizen.com - Menjadi Fotografer sangatlah menyenangkan. Apalagi ketika kita menemukan sebuah view yang amat unik dan menarik untuk kita abadikan. Di dunia fotografer ada berbagai spesialis atau aliran atau jenis dan genre fotografi. Salah satunya adalah yang beraliran Fotografi Makro.

Apakah fotografi makro itu? Menurut situs wikipedia, fotografi makro adalah fotografi dengan jarak yang sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak membutuhkan alat pembesar optik seperti mikroskop. Fotografi ini biasanya memiliki rasio 1 : 1 yaitu besar gambar yang dihasilkan ukurannya sama dengan benda aslinya. Contohnya seperti gambar di bawah ini :

5 Cara Memotret Foto Makro

Sejak beberapa bulan ini kami dari ukuicitizen mempunyai hobi baru yaitu fotografi makro. Kebetulan foto yang ada di dalam postingan ini merupakan hasil jepretan kamera kami (walaupun minjam, hahaha...

Nah, dari beberapa penjelajahan kami di google, kami menemukan beberapa tips untuk Anda yang ingin memotret foto makro. Barikut tips yang kami rangkum untuk kita semua :

1. Fokus
    Disemua Kamera DSLR maupun SLR tentunya memiliki auto fokus. Namun untuk foto makro ini jarang yang bisa bekerja secara maksimal. Untuk lebih baik kita mengaturnya secara manual agar fokus kamera tersebut bekerja secara maksimal. Caranya, setting lensa Anda pada manual fokus lalu gunakan titik fokus terdekat. Kemudian temukan fokus yang tepat dengan memaju-mundurkan lensa di depan objek hingga mendapatkan fokus yang pas. Mode AF adalah pilihan terbaik untuk fokus jika hanya menggunakan satu area fokus.

2. Pencahayaan
    Bila kita memotret objek yang terlalu dekat pastinya pencahayaan akan semakin berkurang. Untuk kita harus memperhatikannya karena pencahayaan besar pengaruhnya terhadap hasilnya sedangkan membutuhkan hasil gambar yang tajam dan bersih. Namun kita tidak disarankan untuk memnggunakan ISO yang tinggi karena akan menghasilkan noise pada hasil foto kita.

3. Pastikan Kamera Tidak Goyang.
   Dekatnya kita dengan objek yang akan difoto akan berdampak susahnya untuk fokus pada pegangan kamera, kecuali menggunakan tripod. Dalam pengambilan foto makro ini sedikit saja goyang dipastikan fokus kamera akan meleset. Saran kami sebaiknya tahan nafas ketika mengambil foto makro, terlebih lagi objek kita adalah hewan yang bisa terbang.

4. Penggunaan Lensa
    Untuk menghasilkan foto makro yang lebih bagus kita disarankan untuk menggunakan lensa makro. Karena lensa tipe ini memiliki rasio 1 : 1 atau bahkan bisa lebih. Namun jangan salah, lensa makro sangat mahal di pasaran. Karena kita belum bisa membeli lensa makro maka dari beberapa sumber menyarankan kita untuk  menggunakan lensa yang dibalik. Namun lensa ini haruslah lensa manual agar setingan apeturenya bisa diseting manual.

5 Cara Memotret Foto Makro

5. Menggunakan Flash
    Foto makro biasanya dihasilkan dengan cahaya alami dan tentunya akan sangat baik. Namun bila kita jarang sekali dapat mengeksekusi foto makro dengan setingan aperture sempit – ISO rendah – speed tinggi tanpa bantuan flash. Jika anda tidak memiliki external flash, anda dapat menggunakan internal flash pada kamera
 

Demikianlah 5 cara, tips, teknik dalam memotre foto makro yang berhasil kami himpun dari beberapa situs fotografi. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memotret makro ini namun disini untuk sementara cukup 5 saja dulu nanti dilain waktu kita tambah lagi. Semoga bermanfaat.

TERIMA KASIH

 



pasang