Home » » Yang Unik di Peringatan Hari Buruh Sedunia tahun 2015

Yang Unik di Peringatan Hari Buruh Sedunia tahun 2015

Peringatan Hari Buruh Sedunia tahun 2015
www.jitunews.com

Peringatan Hari Buruh Nasional. ukuicitizen.com - Hari ini, jumat, 1 Mei 2015, seluruh pekerja dan buruh di Indonesia memperingati hari buruh internasional. Seluruh organisasi buruh di berbagai daerah mengisinya dengan unjuk rasa. Semua burh akan berkumpul di titik tertentu lalu akan mengadakan Long March di daerahnya masing, namun pusat dari bertemunya seluruh buruh di Indonesia berada di Jakarta.  Berbagai buruh dari beberapa daerah berkumpul di sana.

Berbagai tuntutan mereka suarakan kepada pemerintah mengenai status mereka, mulai dari minta kenaikan upah, meminta jaminan pensiun kaum buruh, Mendesak pemerintah untuk segera menghapus sistem kerja outsourcing, khususnya di BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Mendesak pemerintah untuk menurunkan harga barang pokok dan lain-lain.

Namun ada yang aneh dan unik saat parah melakukan unjuk rasa di berbagai daerah. Berikut hal unik terjadi disaat buruh sedang berunjuk rasa :

1. Pameran Batu Akik di Festival Buruh Mojokerto
     Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Mojokerto, Jawa Timur, mengadakan festival buruh tahun 2015. Acara tersebut diadakan di GOR Majapahit. Namun yang unik dari festival ini adalah digandenganya komunitas batu akik Mojokerto. Mereka memamerkan dan menjual berbagai jenis batu akik. Menurut sang penggagas, digandengnya Komunitas Batu Akik ini bertujuaan untuk mengangkat perekonomian masyarakat dengan mempertemukan penjual batu akik dengan dunia industri (sumber : metrotvnews.com)

2. SIM Keliling Polres Sukabumi
    Di daerah Sukabumi, Jawa Barat, ribuan buruh juga menngadakan unjuk rasa dengan mengadakan long march untuk memperingati hari buruh. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh Polres Sukabumi untuk menjaring para pengguna kendaraan yang belum memiliki Surat Izin Mengendara. Namun buka tilang yang akan dicerikan tetapi pembuatan SIM itu sendiri. Walaupun banyak pengunjung rasa yang bingung namun mereka antusias untuk mengikuti tes berkendara untuk mendapatkan SIM C.

3.  Warga Jakarta Pergi Liburan keluar kota
     Di Ibu Kota Jakarta, ribuan buruh berdatangan dari berbagai daerah sehingga membuat Jakarta padat merayap. Namun di saat para buruh mengadakan unjuk sebagian warga Jakarta memanfaatkan hari libur ini unuk berlibur keluar kota. Dari pantauan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya sejak pukul 06.30 pagi ini, akses menuju kawasan Puncak sudah mulai dipadati oleh kendaraan bermotor. (sumber : viva.co.id)

4. Keliling Borobudur dan Jalan Sehat
    Hal berbeda dilakukan para buruh di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, disaat daerah lain para buruh mengadakan unjuk rasa mereka justru mengadakan jalan sehat sambil mengelilingi Candi Borobudur. Dan yang lebih unik lagi mereka melakukannya bersama-sama dengan pengusaha yang ada di Magelang. Para pengusaha ikut tumpah ruah dengan ribuan buruh untuk mengikuti destinasi Wisata Candi Borobudur. (sumber : viva.co.id).

5. Mengadakan Orkes Dangdutan di Surabaya
    Tanggal 1 Mei ini dimanfaatkan para buruh Provinsi Jawa Timur untuk menyampaikan aspirasinya di depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya. Namun tidak seperti unjuk rasa sebelumnya, kali ini mereka juga mengadakan orkes dangdut gratis. Setelah para buruh menyampaikan unek-uneknya kepada pemerintah, mereka ikut bergoyang bersama artis orkes dangdut tersebut. (sumber : metrotvnews.com)

6. Diskon Besar-besaran Pemilik Toko Online
    Menyambut Hari Buruh Internasional ini sebanyak 48 situs belanja online mengadakan diskon besar-besaran hingga 96 persen selama sepeka dari tanggal 1-7 Mei 2015. Berbagai toko online tersebut memberikan diskon ini karena terinspirasi dari semangat dan kerja keras kaum buruh, sekaligus untuk memperkenalkan belanja online yang mudah, aman dan efisien. Silahkan kunjungi itsmayday.com untuk melihat toko online mana saja yang mengadakan diskon besar-besaran tersebut.

Itulah beberapa hal unik yang terjadi disaat para buruh memperingati Hari Buruh Internasional hari ini di berbagai daerah yang kami dapatkan dari berbagai sumber. Harapan kita tentunya kegitan unjuk rasa ini berjalan dengan tertib dan aman. SELAMAT HARI BURUH INTERNASIOANL 1 MEI 2015.

TERIMA KASIH



pasang