Home » , , » Wisata Riau - Fenomena Gelombang Bono

Wisata Riau - Fenomena Gelombang Bono

Fenomena Gelombang Bono - Terletak di Desa Teluk Meranti, sepanjang Sungai Kampar, Bono adalah fenomena alam yang datang sebelum pasang. Air laut mengalir masuk dan bertemu dengan air sungai Kampar sehingga terjadi gelombang dengan kecepatan yang cukup tinggi, dan menghasilkan suara seperti suara guntur dan suara angin kencang. 

Pada musim pasang tinggi, gelombang sungai Kampar bisa mencapai 4-6 meter, membentang dari tepi ke tepi menutupi keseluruhan badan sungai. Peristiwa ini terjadi setiap hari, siang maupun malam hari. Hal yang menarik turis ke objek wisata ini adalah kegiatan berenang, memancing, naik sampan, dan kegiatan lainnya.
 


Wisata Riau - Fenomena Gelombang  BonoBono adalah ombak besar yang dihasilkan dari pertemuan air sungai dari hulu dan bertemu dengan air laut di muara, karena perbedaan tekanan atau pasang surut air laut dan aliran air sungai dari hulu mengakibatkan pembentukan ombak besar diwilayah muara sungai menuju ke arah hulu. Bagi masyarakat lokal, mitos bono adalah sebagai karunia Tuhan dan maysarakat saat ini tidak boleh untuk berdekatan dengan  bono apalagi melintasinya. Saat ini, bono dijadikan tempat surfing bagi masyarakat Indonesia dan manca negara karena kualitas ombaknya. Pariwisata Bono adalah pariwisata khusus yang menarik di Riau dan berlokasi di Sungai Kampar, Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. 
Bono merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh gelombang pasang surut yang bertemu dengan arus Sungai Kampar. Kondisi muara yang berbentuk ’V’ memungkinkan pertemuan kedua macam arus tersebut, yaitu arus pasang dan arus sungai dari hulu, membangkitkan terbentuknya Bono. Gelombang Bono termasuk dalam kategori Tidal Bore, yaitu fenomena hidrodinamika yang terkait dengan pergerakan massa air dimana gelombang pasang menjalar menuju ke hulu dengan kekuatan yang bersifat merusak. Tidak semua muara sungai ataupun teluk bisa membangkitkan gelombang pasang semacam Bono.

Gelombang Bono tersebut menjalar ke hulu dengan kecepatan sekitar 40 – 50 km/jam, sehingga akan sampai di Tanjung Perbilahan, yang berjarak sekitar 42 km dari muara, 1 jam setelah waktu pada saat puncak pasang tertinggi di muara. Dari Tanjung Perbilahan, Bono menjalar terus ke hulu sampai ke Teluk Meranti. Kondisi alur sungai di Teluk Meranti membelok ke utara, yang berakibat Bono yang sampai ke Teluk Meranti sebagian dibelokkan ke utara, sebagian lagi menerjang pantai Teluk Meranti. Bono yang membelok ke utara akan semakin mengecil sampai di Tanjung Pungai. Sedangkan Bono yang menerjang Pantai Teluk Meranti, sebagian air melimpas menggenangi daratan Teluk Meranti, sebagian lagi dipantulkan kembali ke hilir. Bono hasil pantulan ini sering menelan korban perahu motor/kapal, karena pengemudi perahu tidak menduga ada gelombang Bono yang berasal dari hulu.

Wisata Riau - Fenomena Gelombang  Bono

Fenomena alam satu ini sangat menarik, terletak di kabupaten Pelalawan sebuah kabupaten di Provinsi Riau tepatnya di daerah Teluk Meranti. Asal kata bono yang berarti benar digunakan untuk merujuk gelombang yang ada di sungai kampar. Gelombang-gelombang yang terjadi di hilir sungai kampar yang terjadi seperti ombak di lautan pada umumnya. Gelombang-gelombang ini terjadi secara alami dari daerah laut menuju ke dalam arah sungai dan terjadi secara terus menerus hanya saja besar kecil gelombangnya saja yang berbeda.

Berbagai mitos dan cerita yang disebutkan tentang bono, ada yang diceritakan bono berasal dari 7 mahluk halus yang digunakan untuk menjaga aliran sungai kampar dari bajak laut, dan cerita-cerita masyarakat lainnya tentang bono tersebut. Dari cerita-cerita tersebut keberadaan bono cukup disakralkan masyarakat di tambah cerita tentang keberadaan kerajan mahluk halus yang berada disekitar bono tersebut. Mahluk halus oleh masyarakat disebut dengan orang bunian, bagi sebagian masyarakat meyakini bahwa mahluk halus ini mempunyai kerajaan gaib yang berada disekitar aliran sungai kampar.

Bono pada awalnya dianggap sebagai ombak yang menakutkan, tetapi pada saat ini gelombang bono telah dimanfaatkan sebagai ajang permainan selancar. Bono biasanya terjadi pada setiap tanggal 10-20 bulan Melayu dalam tahun Arab yang biasa disebut penduduk sebagai Bulan Besar atau Bulan Purnama. Biasanya gelombang Bono atau Ombak Bono yang besar terjadi pada tanggal 13-16 bulan Melayu tahun Arab tersebut. Sudah banyak para peselancar atau Surfers yang mencoba mengarungi gelombang dari bono tesebut dan kelihatannya mereka sangat menikmati permainan air dari gelombang tersebut.
Gelombang  Bono

Gelombang air yang unik memberikan daya tarik tersendiri, biasanya para peselancar melakukannya di laut tetapi selancar bono dilakukan di sungai. Mungkin fenomena alam ini tidak beberapa ada di dunia dan salah satunya ada di sini tepatnya di Hilir Sungai Kampar di Daerah Teluk Meranti. Mungkin anda seorang peselancar atau anda orang yang suka menikmati eksotika dan fenomena alam kalau anda tertarik silahkan datang langsung menikmati fenomena alam yang luar biasa ini.

Fenomena Alam Bono yang berupa gelombang di Sungai Kampar, dahulunya ditakuti masyarakat yang ada di aliran sungai Kampar, ternyata menjadi fenomena yang menyenangkan bagi beberapa orang dari manca Negara yang gemar melakukan aktifitas surfing sekaligus membuktikan bahwa gelombang ini mampu ditaklukan dan dapat menjadi sesuatu yang mengasyikan bukan hanya dilihat melainkan dimainkan dengan menggunakan papan seluncur.

Kegiatan Bono Surfing telah dilakukan beberapa kali, hingga menarik minat para surfer lainnya untuk turut merasakan gelombang bono yang menurut mereka cukup dahsyat ini. Bahkan ada beberapa diantaranya yang merupakan surfer dunia yang telah mencobanya sendiri.
pasang