Home » , , , » Profil Kecamatan Ukui

Profil Kecamatan Ukui

Kecamatan Ukui merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Pelalawan yang sebelumnya dikenal dengan Desa Ukui Satu Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Kampar.
Kecamatan Ukui dibentk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor : 10 Tahun 2001 tentang pembentukan Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kecamatan Ukui,  Kecamatan Teluk Meranti dan Kecamatan Pelalawan.



Pada tanggal 24 April 2001 Desa Ukui I di Resmikan oleh Bupati Pelalawan menjadi Kecamatan Ukui.

Kondisi masyarakat Kecamatan Ukui sangat heterogen yang hampir seluruh suku bangsa yang ada di Negara Republik Indonesia ini berada di Kelurahan Ukui ini, dengan beranekaragam  pemeluk agama, suku, budaya dan adat istiadat.
Kecamatan Ukui mempunyai luas wilayah 1.494.75 Km2 jika dipresentasekan + 95 % merupakan wilayah dataran rendah dengan yang terdiri 11 ( sebelas ) desa dan 1 (  satu  ) kelurahan dengan Jumlah Penduduk + 30.190  Jiwa.

a.         Batas Wilayah Kecamatan
F   Sebelah Utara Berbatas dengan Kecamatan Pangkalan Lesung
F   Sebelah Selatan Berbatas dengan Kabupaten Indragiri Hulu.
F   Sebelah Barat Berbatas dengan Kabupaten Indragiri Hulu
F   Sebelah Timur berbatas dengan Kecamatan Pangkalan Lesung
b.        Jumlah Desa                               : 11 desa
c.         Jumlah Kelurahan                      :   1 kelurahan
d.        Kepadatan Penduduk                 : + 26,4 Jiwa / Km2
e.         Iklim
Kecamatan  Ukui terletak di Jalur Khatulistiwa dengan Iklim panas dengan suhu rata-rata 28 s/d 35 0 C dengan ketinggian dari permukaan laut 10-15 mil serta curah hujan 5.583,5 mm / Tahun.


 
pasang